LEARN

HOMELEARNSPORTS

Asal Muasal Istilah Hat-trick

Saat ini masyarakat mengenal istilah hat-trick dalam berbagai cabang olahraga. Ketika Ronaldo membuat tiga gol dalam satu pertandingan, begitu juga ketika Markus Gideon “The Minions” Kevin Sanjaya memenangkan Indonesia Master tiga kali berturut-turut. Keduanya disebut membuat hat-trick. Namun tahukah Smile Squad asal mulanya istilah tersebut ternyata dari permainan kasti?

Cricket yang Mirip Kasti
Ya, istilah hat-trick pertama kali lahir dari olahraga cricket. Olahraga yang permainannya mirip kasti ini dimainkan oleh dua tim masing-masing 11 orang. Satu tim akan memukul bola dan berlari bolak-balik ke pitch sebelum  musuh menangkap bola dan menempelkannya ke tanah.

Tahun 1858, permainan cricket berlangsung seru antara dua tim besar. Salah seorang pemain bernama H.H. Stephenson berhasil memukul bola dan berlari bolak-balik wickets sebanyak tiga kali berturut-turut. Para supporter lantas memberikan hadiah topi untuk Stephenson. Sejak itulah muncul istilah hat-trick. Ternyata kata Hat pada hat-trick memang secara harafiah berasal dari kata topi, ya...

Trik Curang
Pencapaian Stephenson memang membuat penggemarnya bergembira, tapi di sisi lain, lawan menganggap Stephenson berbuat curang. “Trik seperti itu memang layak mendapat topi,” ujar salah seorang pemain. Siapa sangka bahwa kata ‘trik’ dalam hat-trick berasumsi dengan kecurangan.

Versi lain tentang asal mula istilah hat-trick adalah dari pesulap yang menggunakan istilah hat trick untuk pertunjukan sulap yang mengeluarkan berbagai macam hewan dan benda dari dalam topinya. Meski demikian, publik lebih mempercayai hat-trick bermula dari olahraga cricket.