LEARN

HOMELEARNSCIENCE

Duh, Ngiler Banget!

Seseorang bisa tiba-tiba merasa lapar saat baru mencium aroma masakan. Melihat hidangan lezat di meja makan pun mampu menerbitkan air liur, bahkan reaksi serupa akan muncul saat kamu melihat mangga dengan warna kuning segar. Apa yang terjadi pada dirimu? Mending cari tahu bersama saja, yuk, Smile Squad!

Keinginan terpendam
Rasanya semua orang pernah ngiler gara-gara membayangkan makanan tertentu sehingga meningkatkan produksi air liur. Kondisi ini wajar, kok, berkat adanya saraf pengontrol air liur dalam tubuh manusia yang termasuk bagian dari sistem refleks.

Pada saat kita memikirkan, melihat, maupun mencium aroma makanan, nih, otak menangkapnya sebagai sinyal bagi sistem pencernaan untuk ‘menyiapkan diri’ bahwa akan ada makanan yang masuk ke dalam mulut untuk dikunyah. FYI, medula oblongata adalah bagian otak yang bertanggung jawab untuk refleks saliva.

Stimulasi tersebut akan membuat lambung menyesuaikan jumlah asam lambung, sementara kelenjar ludah akan memproduksi lebih banyak air liur dan mengumpulkannya di dalam mulut. Meskipun makanan belum terhidang!

Sst, ngiler ini ternyata juga bisa diatur, lho! Begitu lapar mata kamu terpenuhi, maka keinginan untuk mencicipi makanan tersebut biasanya langsung berkurang hingga setengahnya.

Fakta air liur
Air liur atau saliva diproduksi oleh kelenjar ludah dengan jumlah sekitar 1-2 liter per hari. Air liur berperan penting dalam melarutkan dan memecah makanan, terutama karbohidrat, agar mudah dicerna dengan bantuan enzim amilase. Air liur terdiri atas protein, mineral, air, serta enzim amilase yang mengandung informasi genetik untuk mengambil sampel DNA.

Protein dan mineral yang terkandung pada air ludah bisa melindungi email gigi dan mencegah kerusakan gigi serta penyakit gusi, karena menjaga keseimbangan perkembangbiakan bakteri jahat di mulut. Jika bakteri jahat berkembang biak tidak terkontrol, maka akan menghasilkan asam yang melarutkan lapisan gigi paling luar (email). Proses terkikisnya email ini pertanda dimulainya proses gigi berlubang. Makanya, kadar air liur yang tinggi membantu menjaga kebersihan mulut dan gigi, serta mencegah bau mulut.

Pemilihan pasta gigi yang tepat jadi faktor penting untuk menjaga kualitas air liur kamu, lho, Smile Squad. Sebaiknya pilih pasta gigi yang tidak mengandung deterjen, seperti pasta gigi Enzim Mixdent, karena deterjen membuat mulut kering dan merusak kualitas air liur. Selain bebas deterjen, pasta gigi Enzim Mixdent juga mengandung enzim-enzim, Amiloglucosidase, Gluco-oxidase, dan Lactoperoxidase, serta beberapa protein tambahan, seperti lisozim, lactoferrin, dan lain lain. Kandungan enzim dan protein tersebut akan memperkuat kerja protein-protein alamiah yang terdapat dalam air ludah sehingga pertahanan di rongga mulut dapat ditingkatkan.

Kamu bisa dapatkan Enzim Mixdent di outlet kesayangan kamu. Bisa juga, pesan ke no WhatsApp delivery order Enzim 081586126425, atau lewat marketplace yang ada di link ini.