LEARN

HOMELEARNSCIENCE

5 Penyebab Sakit Ketika Kehujanan

Musim hujan berarti... main air sepuasnya! Membayangkan berlarian dengan adik atau kakak di tengah hujan, memang mengasyikkan. Tetapi sebelum melakukannya, tahu nggak sih, bahwa bermain tengah hujan, berpotensi membuat tubuhmu sakit. Duh, malas banget kan harus terbaring di kamar sambil menggigil kedinginan setelah main hujan? 

  1. Udara dingin melemahkan sistem pertahanan tubuh. Ditambah lagi ketika air hujan menyentuh tanah, bakteri dan virus yang ada di tanah terangkat ke udara. Ketika tubuhmu kurang fit, kamu jadi lebih mudah terserang penyakit. 

  1. Air hujan terkontaminasi berbagai kotoran, parasit, dan kandungan kimia seperti asam yang bila terminum atau mengenai mata bisa membuat kamu sakit. 

  1. Ketika kamu memakai baju basah cukup lama di tempat kering, tubuhmu akan kedinginan dan membuat kamu masuk angin serta flu.

  1. Rambut basah terkena air hujan bisa menyebabkan kamu sakit kepala. Bukan hanya karena air hujan yang kotor dan mengandung asam tapi juga membuat kepalamu lembap dan kedinginan tanpa kamu sadari. Apalagi jika setelah terkena hujan, kamu masuk ke dalam ruang ber-AC.

  2. Jika kamu sudah terpapar virus flu dalam tubuh, kehujanan akan membuat virus ini seperti dihidupkan dan membuatmu sakit, deh.