LEARN

HOMELEARNSPORTS

Mengantuk Setelah Olahraga? Temukan 3 Penyebabnya di Sini!

Salah satu manfaat olahraga adalah membuat tubuh sehat dan bugar. Namun, mengapa kamu justru merasa letih dan mengantuk setelah melakukannya?

Ternyata durasi dan intensitas latihan yang dilakukan memengaruhi kondisi tubuh, tuh. Selain membakar kalori, berolahraga berat atau dalam jangka waktu lama benar-benar dapat menguras energi pada tubuh. Agar tubuh kembali fit, Smile Squad bisa mempraktikkan tip berikut.

Dehidrasi
Tahu, dong, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan melalui keringat ketika kamu berolahraga? Cairan ini harus segera digantikan jumlahnya agar tubbuh tidak dehidrasi. Sebaiknya, nih, kamu meminum air secara berkala, yaitu selama dan setelah latihan agar tetap terhidrasi dengan baik.

Kurang tidur
Olahraga dan tidur punya hubungan erat. Kamu bakal mendapat tidur nyenyak dan berkualitas setelah berolahraga. Di sisi lain kurang tidur membuat olahraga jadi lebih sulit dilakukan. Tubuh terasa lemah dan tidak bertenaga sehingga otak ‘menyuruh’ kamu untuk segera tidur saja. Ups!

Pengaruh obat
Banyak sekali obat yang punya efek samping mengantuk. Apabila sedang mengonsumsi salah satunya, tidak heran obat bakal bereaksi begitu kamu selesai berolahraga. Alhasil kamu ingin segera rebahan untuk menghilangkan efeknya.

Makan tidak teratur
Penting menjaga tubuh tetap ternutrisi dengan baik. Kamu yang sedang diet bisa jadi merasa lebih cepat lelah setelah berolahraga. Sebaliknya, kalau mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi serat secara berlebihan justru membuat tubuh harus bekerja ekstra untuk membakar kalori. Tidak heran tubuh jadi sangat kelelahan dan kamu pun mengantuk.

Memaksakan diri
Semakin intens latihanmu maka tubuh jadi superlelah setelahnya. Jadi, berolahragalah sesuai kemampuan!