LEARN

HOMELEARNARTS

Mengapa Orang Korea Makan Sup Rumput Laut Saat Berulang Tahun

Smile Squad yang gemar serial drama Korea pasti tahu kalau orang Korea selalu makan sup rumput laut ketika berulang tahun. Ternyata ada alasan luhur di balik tradisi ini, lho. Penasaran, kan....   

Mengingat ibu

Tahukah kamu kalau perempuan Korea yang baru melahirkan diharuskan menyantap sup rumput laut untuk memulihkan kesehatan mereka? Tidak sedikit juga yang memakan sup ini ketika hamil.  Kandungan vitamin dan mineral dalam sup rumput laut sangat baik untuk pertumbuhan janin dan menambah vitalitas. Miyeokguk, sebutan sup rumput laut dalam Bahasa Korea, juga dipercaya dapat menambah produksi ASI. 

Tradisi menyantap sup ramput laut oleh wanita Korea yang baru melahirkan sudah dimulai pada Dinasti Goryeo. Asal muasalnya karena saat itu penduduk Korea melihat ikan paus makan rumput laut setelah melahirkan anaknya. 

Nah, pada hari ulang tahun, orang Korea ingin mengingat ibu sekaligus jasanya yang telah melahirkan mereka. Karena itulah mereka selalu menyantap sup rumput laut.  Meskipun termasuk jenis makanan pendamping, tapi menu ini selalu disuguhkan pertama kali pada anak yang berulang tahun oleh ibu mereka. Ketika anak beranjak dewasa mereka meneruskan tradisi ini dan mengenalkannya pada anak mereka pula. 

Semakin mudah membuatnya

Sup Rumput laut mudah dibuat dan bahan bakunya mudah diperoleh. Sekarang di berbagai toko swalayan Korea sudah menyediakan sup rumput laut instan yang bisa langsung diseduh pada hari ulang tahun. Kamu tertarik iingin mengikuti tradisi ini? Kamu bisa membuat sup rumput laut dengan merebus aneka baso ikan, beri bumbu, lalu tambahkan rumput laut kering.