LEARN

HOMELEARNARTS

Trik Mudah Mewarnai Gambar Menggunakan Pensil Warna

Sejak TK, Smile Squad pasti sudah akrab dengan pensil warna dan kegiatan mewarnai. Tanpa disadari mewarnai dapat melatih kemampuan motorikmu, mulai dari mengenal batas garis bidang hingga perbedaan warna.

Mewarnai gambar di waktu senggang juga baik untuk menjaga mood dan meningkatkan konsentrasi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Agar mendapatkan manfaat mewarnai gambar secara optimal, berikut persiapannya…

Buku aktivitas + pensil warna. Berhubung tidak semua orang memiliki bakat menggambar, kamu bisa membeli buku aktivitas mewarnai yang banyak dijual di toko buku. Siapkan juga pensil warna isi 12-24 batang yang siap pakai atau diserut runcing.

Warnai perlahan. Ada 5 tenik mewarnai yang bisa kamu coba, nih, Smile Squad! Beri titik-titik (stippling) pada bidang yang kosong baik jaraknya berdekatan atau berjauhan untuk menambahkan tekstur pada warna. Teknik kedua adalah garis paralel pendek searah (hatching) yang jaraknya bisa diatur sendiri, sementara teknik berikutnya garis paralel pendek bersilangan (cross-hatching). Cara mewarnai paling umum yaitu menggunakan teknik tidak beraturan (back and forth stroke) yang artinya kamu bisa menggerakkan pensil sesuka hati. Selain itu ada pula teknik memutar (scumbling) yang mungkin sudah kamu praktikkan sejak bisa memegang pensil sendiri. Kamu pun bebas mengombinasikan lima teknik tersebut bahkan dengan warna berbeda saat mewarnai gambar.

Simpan yang rapi. Semakin sering kamu menggunakan pensil warna, tentu tidak praktis bila ‘harus’ mengembalikannya ke dalam kardusnya berulang kali. Kamu bisa memindahkannya ke tempat pensil kaleng tanpa sekat, atau masukkan ke gelas setelah diikat karet untuk diletakkan di meja belajar. Praktis!