LEARN

HOMELEARNARTS

Asal-Usul Peri Gigi

Masih ingat ketika pertama kali gigimu tanggal? Takut dan sakit bukan? Lalu, orang tua Smile Squad menghibur dengan bercerita tentang Peri Gigi yang akan menukar gigimu dengan uang atau hadiah. Serta-merta suasana hatimu membaik. Sebenarnya dari mana, sih, asal Peri Gigi? Nah, Smile Squad yang penasaran, cek asal-usul si Peri Gigi yuk!

Tradisi Viking
Meski dikenal luas di kalangan masyarakat Amerika, cerita Peri Gigi Bermula dari Eropa Utara di mana masyarakat mengenal tradisi tand-fe atau tooth fee. Tradisi ini kemudian berkembang menjadi dongeng  tentang Peri Gigi yang memberikan hadiah untuk anak-anak yang merasa sakit akibat gigi susunya tanggal untuk pertama kali.

Boleh dibilang, Peri Gigi sama manisnya dengan Sinterklas. Bila Sinterklas memberikan hadiah pada anak yang bersikap baik selama satu tahun, maka Peri Gigi memberikan uang untuk mengganti gigi yang disimpan di bawah bantal ketika sang anak tertidur. Dengan demikian mereka merasa terhibur sekalipun harus melihat keompongan giginya di cermin keesokan paginya.

Pelajaran tentang Uang
Di Amerika sendiri tradisi menukar gigi tanggal dengan uang tidak berhenti pada gigi susu pertama. Orang Amerika terus menukar setiap gigi anak yang tanggal dengan uang. Ketika anak kehilangan gigi pada usia 10 tahun sebenarnya mereka tidak lagi mempercayai sosok Peri Gigi, namun orang tua tetap memberikan uang pengganti gigi untuk mengajarkan anak tentang tanggung jawab betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi karena gigi dewasa tidak akan bisa berganti lagi dengan yang baru.

Kebiasaan ini juga menjadi kesempatan beberapa orang tua untuk memberi pengetahuan tentang inflasi. Soalnya, jumlah uang yang diberikan bertambah seiring berjalannya waktu. Ini sama dengan konsep inflasi yang meningkat setiap tahunnya. Cerdas juga, ya?