LEARN

HOMELEARNSCIENCE

3 Bakteri Baik yang Ada di Tubuh

Bakteri identik sebagai makhluk kecil yang merugikan dan membahayakan manusia. Padahal, ada juga bakteri baik atau probiotik dari sekitar 100 triliun bakteri di dalam tubuh manusia. 
 
Bakteri jenis ini ditemukan dalam saluran pencernaan manusia untuk membantu mencerna makanan hingga memerangi bakteri jahat di dalam tubuh, nih, Smile Squad. 
 
Kenalan dulu, dong, dengan tiga bakteri baik yang dimiliki tubuh kita!
 
 
1. Lactobacillus acidophilus
Probiotik hidup dalam saluran pencernaan manusia dan bersama bakteri baik lainnya akan menghasilkan asam laktat yang dapat menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya di dalam saluran cerna. Bakteri ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri untuk mencegah dan mengatasi diare, menurunkan kolesterol jahat, serta mengatasi bakteri pada vagina yang menyebabkan keputihan. Rajin mengonsumsi makanan maupun minuman yang tepat, seperti susu fermentasi (yoghurt), tempe, dan keju, dapat membuat mereka ‘subur’.
 
 
2. Bifidobacterium 
Disingkat Bf memiliki peran peting dalam pembentukan vitamin B dan vitamin K, serta asam folat yang membantu pertumbuhan rambut hingga menjaga kesehatan mental. Bakteri ini juga memproduksi asam laktat dan asam asetat di usus besar (kolon). Ada lebih dari 40 jenis Bf yang hidup di saluran pencernaan manusia (HRB atau human-residential bifidobacteria) dan binatang.   
 
 
3. Escherichia coli
Disingkat E.coli dapat mencegah dan mengobati kolitis ulserativa yaitu penyakit radang usus besar kronis. Bakteri yang ditemukan oleh Theodor Escherich ini ditemukan dalam usus besar manusia. Ada pula jenis yang berbahaya seperti E.coli O15:H7 sebagai penyebab keracunan makanan dan infeksi serius mengakibatkan kram perut, diare bercampur darah, dan muntah-muntah, hingga menyebabkan kanker usus.